Senin, 04 September 2017

Kelebihan ASI di Banding Susu Formula

Posted by Bundamedik Healthcare System on 08.32 with No comments
Pemberian ASI yang eksklusif pada bayi akan memberikan manfaat bagi ibu dan bayinya. Bayi yang diberi ASI eksklusif akan terhindar dari kematian bayi. Untuk lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan manfaat ASI eksklusif.

1. Meningkatkan kecerdasan
Manfaat pemberian ASI pada bayi yang paling utama yaitu dapat meningkatkan kecerdasan anak. Tidak hanya kecerdasan otak saja, tapi ASI juga dapat meningkatkan kecerdasan mental anak. Di dalam ASI terdapat zat yang tidak bisa ditemukan pada susu manapun ataupun makanan apapun.

Zat khusus inilah yang dapat meningkatkan kecerdasan. Bisa dilihat anak yang diberi ASI secara eksklusif sangat berbeda dengan anak yang hanya diberikan susu formula biasa.

2. Menambah kekebalan tubuh bayi
Manfaat pemberian ASI eksklusif yaitu dapat meningkatkan kekebalan pada bayi. Manfaat ASI dibanding susu formula yaitu ASI bisa menambah sistem imun atau kekebalan pada tubuh bayi.
Bayi yang hanya diberi susu formula kekebalan tubuhnya akan sangat kurang. Hal ini tentu bisa dibandingkan bayi yang hanya diberi susu formula akan mudah terserang penyakit.

3. Lebih terjamin mutunya
ASI juga sudah terjamin mutunya. Selain itu, ASI keluar langsung dari tubuh ibu dan tidak terkontaminasi oleh bahan-bahan kimia yang mungkin berbahaya untuk bayi. ASI juga lebih ekonomis karena gratis dan kualitasnya dijamin bagus.

4. Mencegah infeksi usus
Manfaat pemberian ASI pada bayi yaitu dapat mencegah infeksi usus pada bayi. Sistem pencernaan bayi masih sangat rentan, karenanya tidak semua susu formula cocok dengan kondisi tubuh bayi, susu yang paling cocok untuk bayi adalah ASI. ASI bisa mencegah infeksi yang mungkin terjadi di usus pada bayi, karena ASI memberikan sistem imun alami pada bayi.

5. Membuat Ibu lebih sehat
Tidak hanya bermanfaat untuk bayi saja, ibu juga mendapatkan manfaat yang sangat luar biasa dari pemberian ASI pada anak. Manfaat ASI bagi Ibu dan anak yaitu dapat membuat Ibu lebih sehat. Tidak hanya itu, hubungan antara ibu dan anak bisa terjalin dengan baik melalui pemberian ASI.

Banyak sekali bukan manfaat ASI untuk kesehatan bayi dan juga ibu? Jangan ragu lagi untuk memberikan ASI pada bayi Anda. Jika memang Anda sibuk sebagai wanita karir bisa menyiasatinya dengan memberikan ASI lewat botol. Maksudnya sebelum Anda berangkat kerja, Anda sudah menyiapkan ASI untuk anak Anda.

ASI ini bisa disimpan di freezer dan ketika akan diberikan bisa dihangatkan. Selain dengan cara itu, Anda juga bisa memanfaatkan jasa pengantar ASI yang sekarang ini banyak ada di kota-kota besar. Ingat, jangan sampai tidak memberikan ASI pada bayi, minimal berikan ASI selama 24 bulan atau 2 tahun.


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.