Selasa, 17 Januari 2017

Mengatasi Insomnia pada Ibu Hamil

Posted by Bundamedik Healthcare System on 07.00 with No comments
Beberapa orang mengalami insomnia (susah tidur) selama kehamilannya karena berbagai faktor, mulai dari seringnya buang air kecil, meningkatnya detak jantung, napas menjadi lebih pendek, kaki kram, punggung nyeri, sembelit hingga penyebab-penyebab lainnya. Insomnia sangat beresiko terhadap kehamilan karena betapa pun ibu hamil harus beristirahat di malam hari agar metabolisme tubuhnya bisa tetap berjalan dengan baik. 

Insomnia akan membuat kondisi kesehatan ibu hamil menurun, konsentrasi berkurang, badan terasa pegal-pegal, kehilangan mood, dan cenderung emosional di kala siang hari. Oleh karena itu, bila masalah insomnia ini tidak segera diatasi, maka kehamilan dan janin yang dikandung akan menjadi lebih terbebani. Untuk mengatasi masalah insomnia tersebut, beberapa tips berikut mungkin akan sangat membantu Anda untuk dapat tidur dengan nyenyak.

Nyamankan Kamar Tidur Anda, Kamar tidur yang semrawut dan acak-acakan tidak jarang menjadikan Anda sulit tidur. Karenanya, pastikan kamar tidur Anda benar-benar rapi, bersih, dan nyaman. Gunakan AC atau kipas angin jika mungkin diperlukan dan gunakan selimut tebal jika merasa kedinginan.

Pilih Posisi Tidur yang Nyaman, Agar dapat tidur dengan nyenyak, seseorang harus menemukan posisi tidur yang nyaman. Posisi tidur nyaman sangat tergantung pada masing-masing mood seseorang, namun anda sangat disarankan untuk tidur dengan posisi miring ke kiri, karena dengan posisi ini aliran darah, oksigen, dan nutrisi ke plasenta akan semakin optimal. Posisi ini juga dapat rahim tidak menekan pembuluh darah besar yang dapat mengganggu aliran darah dari si ibu ke janinnya. Intinya, dengan posisi ini, pertumbuhan janin selama ibu tidur akan tetap berjalan dengan baik.

Mandi dengan Air Hangat, Mandi dengan air hangat di sore hari bisa menjadi terapi mengatasi susah tidur saat malam hari. Mandilah dengan air hangat dan basuh seluruh tubuh Anda kemudian gunakan sabun wangi beraroma sereh agar Anda lebih merasa rileks sehingga tidur malam Andapun menjadi lebih nyaman.

Makan Secukupnya, Selama hamil, seringkali Anda ingin makan sesuatu di malam hari. hal itu tentu sangat wajar mengingat ibu hamil cenderung mudah lapar. Namun perlu diingat bahwa bila Anda terlalu banyak makan menjelang tidur, maka hal tersebut akan mempengaruhi tidur Anda. Untuk itu, sebaiknya jangan makan terlalu kenyang saat sore dan malam hari. dan jika Anda terpaksa ingin sekali menyantap sesuatu, Anda bisa menggantinya dengan makan makanan ringan dan segelas susu hangat.

Segelas Susu Hangat Sebelum Tidur, Meminum segelas susu hangat sebelum tidur akan dapat membantu Anda tidur lebih lelap. Susu mengandung asam amino trytophan yang dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak sehingga hal itu menjadikan Anda lebih mudah tidur.

Dengarkan Musik Klasik, Mendengarkan alunan musik jazz, musik klasik, atau rekaman bacaan Al-qur’an akan dapat memberi rasa ketenangan dan perasaan rileks pada diri Anda. Untuk itu, Anda bisa memilih musik yang Anda sukai dan mendengarkannya sehingga membantu menenangkan Anda. Dengan perasaan tenang dan pikiran yang rileks, maka Anda pun akan lebih mudah tidur karena suasana akan menjadi lebih terasa nyaman.

Beristirahatlah Setiap Waktu, Gangguan sulit tidur adalah masalah umum yang biasa dialami wanita selama kehamilannya. Oleh karena itu, setiap kali menemukan waktu yang kosong, gunakanlah sebaik-baiknya untuk istirahat, setidaknya sebagai pengganti waktu tidur Anda yang mungkin berkurang saat malam hari.

Berolahraga secara Teratur, Berolahraga secara teratur akan membatu peredaran darah menjadi lebih lancar. Dengan peredaran darah yang lancar, anda akan lebih mudah tidur di saat malam hari.



















0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.