Senin, 28 Agustus 2017

Manfaat Omega 3 Untuk Anak

Posted by Bundamedik Healthcare System on 08.15 with No comments
Omega 3 memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk kecerdasan otak. Omega 3 adalah asam lemak esensial, yaitu lemak yang diperlukan untuk kesehatan tetapi tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Asam lemak omega 3 dapat diperoleh  dari ikan seperti ikan tuna, ikan salmon, makarel dan ikan laut lainnya terutama yang berlemak dan hidup di air laut yang dalam. 

Selain itu lemak esensial dapat juga ditemukan pada minyak tumbuhan seperti minyak biji rami (flaxseed) , linseed dan minyak kanola, kacang kenari, serta beberapa sayuran hijau dalam jumlah yang sedikit. Yang termasuk asam lemak omega adalah Alpha-linolenic acid (ALA), Eicosapentaenoic acid (EPA), dan Docosahexaenoic acid (DHA). Eicosapentaenoic acid (EPA) dan Docosahexaenoic acid (DHA), keduanya dibuat dari  ALA melalui reaksi enzimatik yang cukup panjang didalam tubuh. Dan untuk memenuhi kebutuhan tubuh diperlukan sumber makanan seperti misalnya ikan berlemak : tuna, salmon dan makarel.

Manfaat Omega 3
Omega 3 merupakan asam lemak yang terbentuk dari 3 komponen utama :
  1. ALA (Alpha-linolenic acid), berfungsi meningkatkan membrane sel di dalam tubuh dan sebagai bahan baku pembentuk asam lemak omega 3 lainnya yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh.
  2. EPA (Eicosapentaenoic acid), bersifat antiinflamasi atau anti peradangan. EPA berfungsi menjaga dari serangan jantung karena dapat mencegah terjadinya bekuan darah, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), menurunkan kadar trigliserida darah, serta menstabilkan tekanan darah.
  3. DHA (Docosahexaenoic acid), merupakan komponen structural utama dari saraf otak sehingga secara tidak langsung akan memperbaiki kerja saraf, kecerdasan otak dan daya ingat, serta menghambat kepikunan. DHA juga merupakan komponen structural dan membrane utama.

Pengaruh Omega  3  pada Otak Anak
Omega 3 merupakan komponen yang sangat vital untuk perkembangan saraf  otak. Omega 3 juga meningkatkan aktivitas saraf otak serta respon tubuh, meningkatkan daya ingat, kecerdasan otak dan menghambat kepikunan. Selain itu beberapa studi menyebutkan bahwa omega 3 juga berperan membantu penanganan penyakit Alzheimer.

Bagi wanita hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan omega 3 karena dapat membantu perkembangan otak. Pada masa janin sampai balita, omega 3 berfungsi untuk proses pertumbuhan dan perkembangan otak. Itulah mengapa omega-3 disebut sebagai perangsang kecerdasan, karena mempunyai peranan yang sangat penting bagi kecerdasan anak pada masa selanjutnya.

Kebutuhan Omega 3
Anjuran kecukupan omega 3 berkisar antara 0,6-1,2 gram/hari. Kebutuhan ini akan terpenuhi dengan mengonsumsi ikan berlemak sebanyak 2-3 kali seminggu. Kandungan omega 3 beberapa bahan makanan  yang ada di laut  sperti ikan : lemuru, tuna, tongkol, sidat, terubuk, tenggiri, kembung, layang, bawal, seren, slengseng,cakalang , dan sebagainya. Berdasarkan data dari Lembaga Gizi Departemen Kesehatan RI, kandungan omega 3 dalam bahan pangan tersebut rata-rata mencapai 10,9 gram dalam setia 100 gram.


















0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.