Rabu, 15 Maret 2017

Manfaat Olahraga Pada Ibu Hamil

Posted by Bundamedik Healthcare System on 08.04 with No comments
Salah satu cara yang perlu dilakukan untuk mendapatkan badan yang bugar dan adalah dengan berolahraga. Bagi mereka yang rutin berolahraga tentu akan berbeda kebugarannya dengan yang tidak pernah rutin berolahraga, begitu juga dengan ibu hamil. Meski terdapat perubahan-perubahan fisik pada ibu hamil, bukan berarti hal tersebut menghalangi ibu hamil untuk berolahraga. 

Dengan berolaharga, ternyata luar biasa manfaat olahraga bagi ibu hamil, tentu salah satunya agar menjalani kehamilan dengan sehat dan memperlancar proses persalinan. Namun, meski demikian tidak jarang juga ibu hamil yang malas berolahraga dengan berbagai alasan. Padahal, banyak sekali manfaat yang didapat dari berolahraga. Berikut beberapa manfaat olahraga bagi ibu hamil :
Meningkatkan energi, Manfaat olahraga bagi ibu hamil yang pertama adalah dapat membantu ibu melakukan aktivitas sehari-hari tanpa merasa lelah berlebihan. Sistem kardiovaskular akan semakin kuat dengan berolahraga sehingga ibu tidak mudah capek. Selain itu, otot yang terbentuk lebih kuat akan memudahkan ibu melakukan berbagai aktivitas. Ibu dapat melakukan olahraga setidaknya 30 menit sehari untuk menjaga tubuh agar tetap bugar, tentu dengan berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.
Tidur lebih berkualitas, Keluhan yang paling sering dialami ibu hamil adalah sulitnya menemukan posisi tidur yang nyaman. Dengan berolahraga akan membantu membuang energi, sehingga membuat ibu cukup capek dan segera tidur dengan lelap. Tidur berkualitas ini juga menjadi manfaat olahraga bagi ibu hamil.
Membantu menyiapkan proses persalinan, Untuk melewati proses persalinan yang lancar, tentu tubuh yang fit juga harus dipersiapkan. Sebuah penelitian menunjukan, olahraga teratur akan mempermudah proses persalinan dan memperpendek jangka waktu yang dibutuhkan untuk melahiran.
Mengurangi ketidak nyamanan saat hamil, Olahraga yang rutin dilakukan akan memperkuat dan membantu meregangkan otot-otot sehingga membuat tubuh lebih toleran pada rasa sakit yang dirasakan selama masa kehamilan. Peregangan saat berolahraa akan mengurangi rasa sakit di punggung, berenang akan memperkuat otot di area abdomen, dan berjalan akan membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.
Menambah semangat dan mengurangi stress, Banyak hal yang dirasakan oleh ibu hamil, rasa senang yang dirasakan karena akan segera menjadi ibu, namun juga merasa cemas dengan kesehatan janin yang dikandungnya, serta mudah merasa letih. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa saat berolahraga, tubuh akan memproduksi lebih banyak serotonin pada tubuh, yaitu reaksi kimia otak yang dapat mempengaruhi mood sehingga membuat ibu lebih bersemangat.
Membantu tubuh kembali ke bentuk semula setelah melahirkan, Hal ini tentu banyak memotivasi ibu hamil untu rutin berolahraga. Saat ibu selalu menjaga bentuk dan kekuatan otot selama hamil, maka tubuh ibu akan lebih mudah kembali ke bentuk semula setelah melahirkan. Olahraga juga dapat mengurangi kenaikan berat badan yang berlebih selama masa kehamilan.














0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.