Senin, 29 Januari 2018

Melancarkan Sirkulasi Darah Pada Kaki Ibu Hamil

Posted by Bundamedik Healthcare System on 09.02 with No comments
Memasuki usia kehamilan yang semakin tua, ibu hamil memang dituntut untuk lebih ekstra berhati-hati, terlebih menghadapi perubahan-perubahan hormonal. Oleh sebabnya, ibu hamil harus memiliki pengetahuan yang lebih mengenai kehamilan sehingga ibu hamil dapat melewati kehamilannya dengan aman dan menyenangkan. Sayangnya, tidak banyak ibu hamil yang dapat menikmati masa kehamilannya.

Salah satu keluhan ringan saat hamil akan tetapi cukup menganggu adalah kaki bengkak. Kaki bengkak disebabkan oleh terhambatnya aliran darah pada kaki yang disebabkan oleh semakin besar dan beratnya tubuh yang harus ditopang oleh kaki. Selain itu, asupan oksigen dan makanan yang disuplai ke plasenta melaluii darah juga menjadi penyebabnya. Hal ini dikarenakan darah yang mengalir ke tubuh janin menyebabkan peningkatan pada volume darah sehingga terjadi peningkatan juga pada pembuluh darah, khusunya area kaki.

Kondisi ini memang tidak dapat dihindari, namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi penghambatan sirkulasi darah, khususnya pada daerah kaki, berikut beberapa cara melancarkan sirkulasi darah pada kaki ibu hamil;
Berbaring dengan posisi kaki diganjal, Dengan berbaring dengan posisi kaki diganjal menggunakan bantal, atau menaruh sandaran pada telapak kaki. Intinya adalah dengan membuat posisi kaki lebih tinggi dari jantung. Contoh saat tidur, ibu dapat menggunakan bantal yang diletakan pada telapak kaki.
Rutin berolahraga, Untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, ibu dapat berolahraga untuk membantu memompa darah ke jantung. Dengan begitu, akan mengurangi penggenangan dan tekanan pada pembuluh darah. Ibu dapat memilih olahraga ringan seperti berjalan atau berenang.
Menggerakan kaki, Cara melancarkan sirkulasi darah pada kaki dengan memutar-mutar dan meluruskan pergelangan kaki secara berkala. Gerakan kaki ini akan membantu melancarkan aliran pada pembuluh darah di area pergelangan kaki. Ibu dapat melakukannya selama 10 menit di sela-sela aktivitas ibu.
Memakai stocking, Dengan menggunakan stocking dapat membantu menyangga betis dan membantu pembuluh darah memompa darah ke jantung sehingga tidak menyebabkan genangan pada area kaki.
Mengompres dengan air dingin, Dengan mengompres area bengkak pada kaki dengan air dingin, ini akan mengurangi pembengkakan dan membuatnya lebih rileks.
Memperbanyak minum air putih, Ibu dapat meminum lebih banyak air putih untuk mengurangi pembengkakan pada kaki. Selain itu, mineral pada air putih juga sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh.
Mengurangi konsumsi garam, Bagi ibu yang memiliki riwayat penyakit hipertensi, disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung kadar garam tinggi.
Selain itu, usahakan juga agar tidak berdiri atau duduk terlalu lama. Sesekali lakukan peregangan atau berjalan kaki beberapa saat untuk melancarkan sirkulasi darah, terutama pada kaki.

















0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.