Senin, 22 Januari 2018

Memahami Gejala dan Pengobatan Nyeri Tulang Belakang

Posted by Bundamedik Healthcare System on 08.54 with No comments
Nyeri tulang belakang adalah nyeri atau kekakuan yang dapat dirasakan di sepanjang tulang belakang, dari dasar leher hingga ke tulang ekor. Gejalanya bisa berupa rasa sakit yang terus menerus atau pun datang dan pergi. Nyeri punggung dapat terpicu oleh postur tubuh yang tidak ideal saat duduk, berdiri, atau membungkuk. Kondisi ini juga bisa diakibatkan oleh efek mengangkat benda yang terlalu berat. Juga karena kegemukan atau obesitas. Karena itu sangat diperlukan untuk Memahami Gejala dan Pengobatan Nyeri Tulang Belakang.

Nyeri tulang belakang biasanya awalnya tidak disebabkan oleh hal serius terjadi dan dapat ditangani hanya dengan beristirahat kemudian bisa terus aktif bergerak lagi atau dengan mengonsumsi obat pereda rasa sakit. Namun pada sebagian kasus, akan dapat sangat menyiksa dan menimbulkan sakit yang tidak tertahankan, hingga menghambat aktivitas sehari-hari.

Khususnya untuk golongan orang lanjut usia (lansia), nyeri punggung merupakan kondisi yang sangat umum terjadi sebagai efek dari penuaan.

Penelitian Community Oriented Program for Control of Rheumatic Disease (COPORD ) di Indonesia menemukan bahwa angka nyeri tulang belakang adalah 13,6 persen pada wanita dan 18,2 persen pada laki-laki. Insiden nyeri tulang belakang berdasarkan kunjungan pasien ke beberapa rumah sakit di Indonesia berkisar antara 3-17 persen.

Mengenali Berbagai Jenis Nyeri Tulang Belakang

Nyeri tulang belakang bagian bawah adalah jenis nyeri tulang belakang yang paling sering terjadi. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kasus nyeri punggung bawah banyak terjadi pada wanita serta mereka yang berumur dekade ke lima ke atas.

Walau demikian, nyeri tulang belakang lain juga dapat dirasakan pada sepanjang tulang belakang, dari leher hingga panggul. Berikut ini adalah beberapa jenis nyeri tulang belakang berdasarkan penyebab dan lokasi nyerinya untuk dapat Memahami Nyeri Tulang Belakang :
  • Axial neck and shoulder pain aitu kemunculan sakit dan kaku pada leher dan bahu
  • Skiatika, yaitu nyeri karena iritasi dan tekanan pada saraf skiatik yang mnenjalar ke kaki
  • Whiplash, yaitu cedera pada tulang leher karena benturan yang terjadi secara tiba-tiba
  • Slipped disc, atau hernia nukleus pulposus (HNP), yaitu terjadinya cakram sendi tulang punggung rusak dan akhirnya menekan saraf yang ada di dekatnya

Cara Menangani Nyeri tulang belakang non operatif


Istirahat kemudian Tetap aktif
Sebelumnya, istirahat yang lama dianggap sebagai penanganan yang mungkin dapat meringankan nyeri punggung. Namun kini dipercaya bahwa tubuh yang tidak bergerak aktif dalam jangka panjang justru berakibat buruk bagi punggung. Istirhat dilakukan cucup beberapa hari, Kemudian melakukan olahraga ringan secara rutin dapat menjadi solusi yang tepat.

Obat pain killer
Jika nyeri tidak mereda dan terasa tidak tertahankan,kita dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau asam mefenamat

Relaksasi yang tepat
Relaksasi dapat mengurangi ketegangan otot sehingga membantu mengurangi nyeri yang diderita.

Kompres
Kompres panas atau dingin dapat membantu meredakan nyeri.

Fisioterapi
Bentuk-bentuk pengobatan lain dapat dilakukan juga dengan melakukan terapi di klinik atau rumah sakit, antara lain dengan melakukan fisioterapi / rehabilitasi medik

Nyeri kronis
Penanganan nyeri punggung yang kronis dapat meliputi kombinasi obat pereda sakit dan salah satu dari terapi manual / fisioterapi.

Hanya sedikit kasus yang memerlukan operasi tulang belakang. Kira-kira 10 % kasus nyeri tulang belakang yang memerlukan operasi. Operasi ini hanya akan dijalani jika semua cara di atas tidak memberikan hasil dan nyeri tulang belakang sudah mengganggu aktifitas sehari-hari


Waspadai Gejala Nyeri Tulang Belakang

Tanpa berkunjung ke dokter, mayoritas nyeri tulang belakang akan membaik dengan sendirinya. Namun jika rasa sakitnya tidak kunjung hilang, dan sudah tidak tertahankan sehingga mengganggu aktifitas sehari-hari, maka sudah harus segera mengonsultasikannya kepada dokter. Memang perlu untuk Memahami Gejala dan Pengobatan Nyeri Tulang Belakang


Pencegahan Nyeri tulang belakang

Postur tubuh yang benar dan olahraga yang tepat dan teratur sangat memengaruhi kesehatan tulang belakang kita. Postur yang tepat akan memberikan tekanan yang ringan kepada tulang belakang. Demikian juga beberapa jenis olahraga yang dilakukan secara teratur dapat membantu mencegah nyeri tulang belakang dan meningkatkan fleksibilitas otot-otot punggung.

Sumber : DR. dr. M. Wawan Mulyawan, SpBS(K) - RSU Bunda Jakarta















0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.