Rabu, 21 Februari 2018

Tanda Kelahiran Prematur

Posted by Bundamedik Healthcare System on 09.16 with No comments
Banyak hal yang dikhawatirkan oleh ibu hamil menjelang persalinannya, termasuk diantaranya kelahiran prematur. Nomalnya, seorang ibu akan melahirkan bayinya saat usia kandungan 38-42 minggu, sedangkan kelahiran prematur biasanya terjadi pada kandungan yang belum memasuki usia 37 minggu. Kelahiran prematur meningkatkan resiko komplikasi pada bayi sehingga pada kasus bayi lahir prematur memerlukan perawatan yang lebih intensif. Hal ini berkaitan dengan organ paru-paru bayi yang belum sempurna sehingga untuk membantunya bernafas dibutuhkan ventilator.
Selain berkaitan dengan paru-parunya, bayi yang lahir prematur beresiko tinggi memiliki masalah pada suhu tubuhnya. Karena tidak dapat menjaga suhu normalnya, bayi prematur akan mengalami kedinginan atau hipotermia. Pada beberapa kondisi, pemasangan alat bantu juga diperlukan untuk mengkoordinasikan otot dalam menelan atau menghisap. Pemberian makan bagi bayi prematur biasanya dilakukan dengan menyuntikan cairan pada pembuluh darah bayi, maupun menggunakan selang yang dimasukan pada hidung, yang sebagian pada perut dan kerongkongannya.
Komplikasi kesehatan pun membayangi bayi yang lahir prematur, diantaranya infeksi aliran darah (meningitis dan sepsis), pendarahan pada otak. Disamping itu, komplikasi jangka panjang juga mungkin terjadi pada bayi prematur seperti gangguan fungsi motorik, gangguan penglihatan, dan penyakit paru-paru.

Melihat banyaknya komplikasi kesehatan pada bayi prematur, ibu tentu harus mewaspadainya. Resiko melahirkan secara prematur akan meningkat pada ibu hamil yang memiliki riwayat persalinan prematur pada anak sebelumnya, bentuk rahim yang tidak normal, mengandung bayi kembar, menggunakan alat kontrasepsi IUD, sering melakukan aktifitas berat, serta mengkonsumsi obat yang membahayakan janin. Ibu juga perlu mengetahui tanda-tanda kelahiran prematur agar ibu dapat menyiapkan segalanya lebih awal.
Berikut beberapa tanda-tanda kelahiran prematur :
  1. Saat usia kehamilan memasuki minggu ke 37, ibu sering mengalami kontraksi dalam kurun waktu satu jam. Beberapa kasus menyebutkan, ibu hamil yang mengalami kelahiran prematur dapat mengalami kontraksi 4-5 kali dalam 1 jam.
  2. Merasakan kram seperti saat menstruasi meski kehamilan belum memasuki usia 37 minggu
  3. Panggul bagian bawah sering terasa nyeri sehingga timbul keinginan untuk buang air besar atau mengejan.
  4. Saat kehamilan masih dibawah 9 bulan, keluar cairan berlebih dari area kewanitaan, dan terdapat flek berwarna merah terang.
  5. Merembes atau menyembur cairan dari vagina.


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.