• Manfaat Omega 3 Untuk Anak

    Omega 3 memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk kecerdasan otak. Omega 3 adalah asam lemak esensial, yaitu lemak yang diperlukan untuk kesehatan tetapi tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Asam lemak omega 3 dapat diperoleh dari ikan seperti ikan tuna .

  • Atasi Demam Pada Balita

    Demam pada balita sering terjadi. Demam bukanlah sejenis penyakit, tapi demam adalah tanda sistem pertahanan tubuhnya sedang aktif bekerja. Tidak jarang tubuh balita terasa hangat dan jika diukur hanya naik 0,5 derajat dibandingkan suhu tubuh normal, 36 derajat Celsius. Jika balita panas .

  • Rahim Menekuk Ke Belakang (Retofleksi)

    Rahim retrofleksi adalah letak rahim yang cenderung menekuk ke belakang, ke arah saluran pelepasan. Diperkirakan ada sekitar 30% wanita memiliki rahim retrofleksi. Mayoritas wanita memiliki rahim yang letaknya cenderung ke depan dan condong ke arah perut, yang dinamakan posisi rahim antefleksi. .

  • Kejang pada Bayi

    Kejang dapat terjadi sebagai akibat dari adanya kontraksi otot yang berlebihan yang berlangsung dalam jangka waktu tertentu dan di luar kendali. Tingginya suhu tubuh pada anak merupakan salah satu penyebab terjadinya kejang demam, istilahnya kejang deman (convalsio febrilis) atau stuip/step.

  • Kenali Penyakit Meningitis

    Meningitis merupakan peradangan pada selaputotak atau sumsum tulang belakang.Jika peradangan terjadi pada daerah tulang belakang dikenal dengan sebutan spinal. Sementara granial meningitis adalah sebutan meningitis yang menyerang daerah otak.

Kamis, 19 Januari 2017

Meminimalisir Kesemutan pada saat Hamil

Posted by Bundamedik Healthcare System on 08.18 with No comments
Kesemutan pada ibu hamil tidak bisa anda sepelekan begitu saja karena kesemutan bisa saja menjadi tanda penyakit yang berbahaya, seperti diabetes mellitus. Lalu, apa yang harus dilakukan oleh ibu hamil ketika mereka merasa bagian tubuhnya kesemutan? Kesemutan pada ibu hamil memang sering dianggap besar karena semakin besar usia kandungannya, maka cairan kehamilan bisa menekan saraf pada bagan tubuhnya, yang paling sering adalah daerah pergelangan tangan atau daerah lengan. Bagi ibu hamil yang merasa khawatir karena kesemutan sering dirasakan, ada beberapa hal yang bisa meminimalisir kesemutan pada saat hamil. Berikut cara mengatasinya ;


Istirahat Dengan Cukup, Ibu hamil memang bisa tetap melakukan aktivitas seperti biasa, tetapi ketika mereka merasa lelah, ibu hamil harus segera beristrahat. Jika anda tetap mau melakukan aktivitas anda sampai selesai, hal tersebut malah bisa menganggu kenyamanan anda ketika beraktivitas, misalnya anda sering kesemutan. Kesemutan pada ibu hamil memang kerap terjadi apalagi jika usia kandungannya sudah tua. Salah satu hal yang bisa meminimalisir kesemutan pada ibu hamil, hanyalah dengan beristirahat agar peredaran darah dalam tubuh kembali normal.

Memijat Badan, 
Kesemutan pada ibu hamil memang dikatakan tidak membahayakan, meskipun ada juga yang menganggap hal tersebut sebagai hal yang berbahaya jika bumil memiliki riwayat penyakit diabetes mellitus. Namun, walaupun dikatakan tidak berbahaya, ibu hamil tetaplah khawatir jika kesemutan terjadi berkali-kali, disamping memang kesemutan membuatnya merasa tidak nyaman. Agar kesemutan tidak sering terjadi ibu hamil bisa memberikan pijatan secara perlahan-lahan agar peredaran kembali lancar. Atau, ibu hamil bisa meminta tolong orang lain untuk memijat bagian tubuh yang terasa kram.


Mandi Dengan Air Hangat Dan Garam, Ada pula cara lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan kesemutan pada bumil. Cara ini cukup mudah dan sering dilakukan oleh beberapa ibu hamil.Kesemutan pada ibu hamil dapat diatasi dengan mudah dengan mandi dengan air hangat. Misalnya, jika anda mengalami kesemutan pada bagian tangan anda, rendamlah tangan dengan air hangat yang sudah dicampuri dengan sedikit garam. Kandungan garam dan air hangat tersebut nantinya akan membantu menghilangkan kesemutan anda. Namun, jika anda merasa kurang puas, anda mandi sekaligus berendam dengan air hangat yang tentunya sudah dicampuri oleh garam mineral.

Rajin Olahraga, Orang yang sedang hamil tetap bisa melakukan olahraga, tetapi olahraga yang dilakukannya adalah olahraga yang ringan. Salah satu olahraga yang cocok untuk bumil adalah yoga. Selain olahraga tersebut bisa melancarkan persalinan, yoga juga bisa menghilangkan kesemutan pada ibu hamil. Tentunya, jika ia rutin melakukan olahraga tersebut, peredaran darah akan menjadi lancar dan kesemutan tak akan sering terjadi pada dirinya. 

Katakan Tidak Pada Kafein Dan Rokok Apalagi Alkohol, Mungkin, ada benarnya juga mengapa pada bungkus rokok sering tertulis rokok tidak baik untuk kesehatan ibu hamil. Nikotin pada rokok tersebut bisa menganggu peredaran darah sehingga kesemutan pada ibu hamil akan lebih sering terjadi. Tak hanya rokok saja, anda juga harus menghindari minum kopi dan mengkonsumsi alkohol jika anda ingin bayi anda sehat dan juga terhindar dari kesemutan. Kebiasaan buruk tersebut memang tak hanya harus dihindari oleh ibu hamil saja, tetapi orang yang ingin sehat juga wajib menghindarinya. 

























Rabu, 18 Januari 2017

Peremajaan Kulit dengan Teknologi Laser

Posted by Bundamedik Healthcare System on 08.34 with No comments
Kulit adalah cerminan kesehatan dan keindahan diri, sehingga tidak mengherankan jika semua orang mendambakan kulit yang bersih dan sehat. Kulit kusam, berjerawat, serta flek adalah berbagai masalah yang sering terjadi dan terkadang sangat sulit diatasi atau dihilangkan dengan perawatan kulit yang biasa (masker, krim, chemical peeling, atau mikrodermabrasi). Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu teknologi lain yang dapat mengatasi berbagai masalah tersebut, salah satunya adalah dengan peremajaan kulit dengan teknologi laser.

Peremajaan kulit dengan teknologi laser adalah suatu teknologi yang berkembang pesat di dalam dunia kedokteran karena dapat diaplikasikan untuk berbagai penyakit, salah satunya adalah laser yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Laser jenis ini memiliki panjang gelombang yang diserap secara spesifik oleh melanin (zat warna/pigmen kulit) sehingga sangat efektif untuk merawat kulit yang bermasalah dengan flek hitam di wajah. Flek akibat kehamilan, penggunaan kontrasepsi, pajanan matahari, akibat efek samping penggunaan krim pemutih ataupun kelainan genetik sangat responsif jika diterapi dengan laser. 

Laser ini juga dapat digunakan sebagai metode perawatan kulit rutin untuk mendapatkan kulit yang cerah, bersinar, dan sehat. Gelombang yang dipancarkan laser dapat menjangkau lapisan kulit yang lebih dalam, misalnya kolagen dan kelenjar minyak sehingga perawatan kulit jangka panjang dengan laser dapat mengurangi keriput, mengencangkan kulit yang kendur, dan mengontrol timbulnya jerawat. Laser ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan rambut-rambut halus yang tumbuh berlebihan. Bagi mereka yang ingin menghilangkan tato berwarna hitam atau biru, laser ini merupakan solusi yang terbaik karena dapat menghilangkan tato tanpa bekas luka sesudah beberapa kali sesi pengobatan.




















Layanan AMARA Skin & Aesthetic Center RS Bunda Jakarta  : 021 – 3192 3344






Selasa, 17 Januari 2017

Mengatasi Insomnia pada Ibu Hamil

Posted by Bundamedik Healthcare System on 07.00 with No comments
Beberapa orang mengalami insomnia (susah tidur) selama kehamilannya karena berbagai faktor, mulai dari seringnya buang air kecil, meningkatnya detak jantung, napas menjadi lebih pendek, kaki kram, punggung nyeri, sembelit hingga penyebab-penyebab lainnya. Insomnia sangat beresiko terhadap kehamilan karena betapa pun ibu hamil harus beristirahat di malam hari agar metabolisme tubuhnya bisa tetap berjalan dengan baik. 

Insomnia akan membuat kondisi kesehatan ibu hamil menurun, konsentrasi berkurang, badan terasa pegal-pegal, kehilangan mood, dan cenderung emosional di kala siang hari. Oleh karena itu, bila masalah insomnia ini tidak segera diatasi, maka kehamilan dan janin yang dikandung akan menjadi lebih terbebani. Untuk mengatasi masalah insomnia tersebut, beberapa tips berikut mungkin akan sangat membantu Anda untuk dapat tidur dengan nyenyak.

Nyamankan Kamar Tidur Anda, Kamar tidur yang semrawut dan acak-acakan tidak jarang menjadikan Anda sulit tidur. Karenanya, pastikan kamar tidur Anda benar-benar rapi, bersih, dan nyaman. Gunakan AC atau kipas angin jika mungkin diperlukan dan gunakan selimut tebal jika merasa kedinginan.

Pilih Posisi Tidur yang Nyaman, Agar dapat tidur dengan nyenyak, seseorang harus menemukan posisi tidur yang nyaman. Posisi tidur nyaman sangat tergantung pada masing-masing mood seseorang, namun anda sangat disarankan untuk tidur dengan posisi miring ke kiri, karena dengan posisi ini aliran darah, oksigen, dan nutrisi ke plasenta akan semakin optimal. Posisi ini juga dapat rahim tidak menekan pembuluh darah besar yang dapat mengganggu aliran darah dari si ibu ke janinnya. Intinya, dengan posisi ini, pertumbuhan janin selama ibu tidur akan tetap berjalan dengan baik.

Mandi dengan Air Hangat, Mandi dengan air hangat di sore hari bisa menjadi terapi mengatasi susah tidur saat malam hari. Mandilah dengan air hangat dan basuh seluruh tubuh Anda kemudian gunakan sabun wangi beraroma sereh agar Anda lebih merasa rileks sehingga tidur malam Andapun menjadi lebih nyaman.

Makan Secukupnya, Selama hamil, seringkali Anda ingin makan sesuatu di malam hari. hal itu tentu sangat wajar mengingat ibu hamil cenderung mudah lapar. Namun perlu diingat bahwa bila Anda terlalu banyak makan menjelang tidur, maka hal tersebut akan mempengaruhi tidur Anda. Untuk itu, sebaiknya jangan makan terlalu kenyang saat sore dan malam hari. dan jika Anda terpaksa ingin sekali menyantap sesuatu, Anda bisa menggantinya dengan makan makanan ringan dan segelas susu hangat.

Segelas Susu Hangat Sebelum Tidur, Meminum segelas susu hangat sebelum tidur akan dapat membantu Anda tidur lebih lelap. Susu mengandung asam amino trytophan yang dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak sehingga hal itu menjadikan Anda lebih mudah tidur.

Dengarkan Musik Klasik, Mendengarkan alunan musik jazz, musik klasik, atau rekaman bacaan Al-qur’an akan dapat memberi rasa ketenangan dan perasaan rileks pada diri Anda. Untuk itu, Anda bisa memilih musik yang Anda sukai dan mendengarkannya sehingga membantu menenangkan Anda. Dengan perasaan tenang dan pikiran yang rileks, maka Anda pun akan lebih mudah tidur karena suasana akan menjadi lebih terasa nyaman.

Beristirahatlah Setiap Waktu, Gangguan sulit tidur adalah masalah umum yang biasa dialami wanita selama kehamilannya. Oleh karena itu, setiap kali menemukan waktu yang kosong, gunakanlah sebaik-baiknya untuk istirahat, setidaknya sebagai pengganti waktu tidur Anda yang mungkin berkurang saat malam hari.

Berolahraga secara Teratur, Berolahraga secara teratur akan membatu peredaran darah menjadi lebih lancar. Dengan peredaran darah yang lancar, anda akan lebih mudah tidur di saat malam hari.



















Senin, 16 Januari 2017

Pemeriksaan USG 2D, 3D, 4D Untuk Kehamilan

Posted by Bundamedik Healthcare System on 08.08 with No comments

USG merupakan pengecekan keadaan bayi dalam rahim memakai gelombang bunyi frekuensi tinggi. USG paling tidak sebelum masa kandungan berumur 3 bulan guna memastikan umur kandungan serta letak janin, kemudian ketika trimester kedua guna melihat kemungkinan adanya kelainan. Manfaat USG 4 dimensi, 3 dimensi atau 2 dimensi pada dasarnya sama cuma makin besar dimensi maka visual yang terlihat akan makin detil.  

Di umur kandungan 18 sampai 23 minggu, cacat struktural janin mampu dikenali. Di umur kandungan 30 hingga 34 minggu bisa dideteksi bila terjadi kelainan letak ataupun kelainan pertumbuhan, tali pusar, plasenta sekaligus memeriksa kecukupan air ketuban. Standar USG sendiri cuma 2 dimensi. Namun akhir-akhir ini berkembang menjadi 3 dimensi dan 4 dimensi.

Menggunakan USG 2D biasanya cuma memperlihatkan tampilan janin yang datar dan cuma garis besarnya saja dengan begitu cuma diketahui dokter pemeriksa. Namun hasil USG 2D ini masih dapat difungsikan untuk mengamati beberapa organ dalam janin. Untuk pemeriksaan awal pada trimester pertama seringnya dokter memakai USG 2D. Dalam hasil USG 2D ini tampilan yang tampak akan terlihat samar, kendati gerakan janin tetap bisa termonitor. Namun apabila dokter mencurigai munculnya kelainan, umumnya dianjurkan untuk menjalani USG berdimensi 3 atau 4.

Pada pengecekan USG 3 dimensi akan memperlihatkan tampilan bayi yang detil. Di samping itu gambar yang diperoleh pun dapat dipahami ibu hamil atau anggota keluarga lain. Anatomi tubuh janin pun lebih jelas terlihat seperti bisa mengenali kelainan bibir sumbing. Untuk pengecekan dengan USG 4 dimensi visual yang diperoleh makin detil dan persis dan dapat bergerak layaknya melihat film. USG 4D pun bisa menyajikan gambar anggota tubuh dengan detil, contohnya hidungnya mancung atau tidak. Juga kegiatan janin misalnya tengah mengisap jari, menguap ataupun menggerakkan jari kakinya. Di samping itu pemeriksaan 4D ini bisa mengenali cacat yang ada lebih belia, dengan begitu pengobatan akan lebih terukur. Cacat yang bisa dikenali misalnya kelainan plasenta atau mengenali terjadinya kehamilan ektopik. Manfaat USG 4 dimensi lainnya adalah keluarga dapat memperoleh film janinnya berbentuk CD.

Oleh sebab itu bila ingin menjalani USG 3D atau 4D, ada baiknya dilaksanakan sesudah bentuk janin dapat dideteksi atau didapatknnya cacat janin. Hal tersebut akan menjadikan pemeriksaan USG 3D atau 4D jadi lebih berguna dan tak sekedar membuang uang. Penting diingat bila hendak menjalankan pemeriksaan USG 3D atau 4D yakni akreditasi dokter pemeriksa. Hendaknya USG 3 dimensi atau 4 dimensi dijalankan oleh dokter yang mempunyai sertifikat.



















Sabtu, 14 Januari 2017

Stress Dapat Menghentikan ASI

Posted by Bundamedik Healthcare System on 08.01 with No comments
Ibu menyusui sebaiknya menghindari stress, pasalnya stress bisa mempengaruhi kelancaran pemberian ASI.

ASI adalah makanan yang paling sempurna untuk bayi kita, dan untuk keberhasilan proses laktasi, bukan hanya posisi bayi yang tepat, pelekatan yang benar, tetapi juga dari pihak ibu sendiri tidak kalah penting peranannya.pemberian ASI diproduksi sebagai hasil kerja gabungan antara hormon yang terdapat dalam tubuh ibu dan refleksi yang dirangsang oleh hormon tersebut.

Mekanisme keluarnya ASI
Pada payudara, terutama pada puting susu terdapat banyak ujung saraf sensoris. Perangsangan pada payudara akibat hisapan bayi saat menyusu akan menimbulkan impuls yang menuju hipotalamus, salah satu organ dalam otak kita. Impuls dari hipotalamus selanjutnya akan diteruskan ke hipofisis bagian depan yang mengeluarkan hormon prolaktin dan ke hipofisis bagian belakang yang berfungsi mengeluarkan hormon oksitosin. Hormon prolaktin dialirkan oleh darah ke kelenjar payudara, maka terjadilah refleks pembentukan ASI.
Pengosongan payudara merupakan perangsangan diproduksinya dan memperbanyak ASI kembali. Jadi bila bayi sering mengisap atau ASI lebih sering dikeluarkan, maka ASI akan diproduksi lebih banyak , sebaliknya bila bayi berhenti mengisap atau payudara tidak sering dikosongkan , maka payudara akan berhenti memproduksi ASI. Hormon oksitosin berperan pada refleks pengeluaran ASI (let down refleks) yang akan mengerutkan sel-sel otot disekitar kelenjar payudara sehingga ASI terperas keluar. Walaupun produksi ASI cukup banyak, apabila refleks ini tidak bekerja maka bayi tidak akan mendapatkan ASI yang memadai.

Mood dan ASI
Refleks pengeluaran ASI lebih rumit dibandingkan refleks pembentukan ASI. Pikiran maupun perasaan ibu akan sangat memengaruhi refleks ini. Dengan melihat bayinya, memikirkan bayi dengan perasaan penuh kasih dan sayang, mendengar tangisan bayi, mencium bayi dan perasaan ibu yang tenang dan bahagia.
Semua ini dapat meningkatkan refleks pengeluaran ASI. Sebaliknya stress merupakan hal yang dapat menghambat refleks oksitosin.
Seorang ibu yang sedang menyusui mengalami stress, akan membuat bayinya merasa tidak nyaman dengan suasana hati ibu. Seringkali bayi menolak menyusu sehingg perangsangan payudara tidak terjadi, dan produksi berhenti. Bila bayi dapat mentolerir suasana hati ibu, adanya stress mengakibatkan refleks oksitosin terhambat sehingga ASI yang diproduksi tidak bisa keluar dengan cukup, yang lama kelamaan akan terhenti produksinya.
Hindari stress antara lain dengan menikmati kebersamaan dengan bayi Anda dan mencoba untuk menerima perubahan-perubahan ritme hidup anda saat ini sebagai seorang ibu.